Download RPP SEJARAH PEMINATAN dan SENI BUDAYA SMA / SMK Kelas 11 | CPNS Kutipan
Okey sebelum kita mulai membuat RPP, perlu diketahui, diingat dan dipahami bahwa RPP Kurikulum 2013 tahun 2017 merupakan hasil revisi dari kurikulum 2013 tahun 2016 yang mana komponen RPP 2017 yang terbaru ini harus memuat tentang pembelajaran dan penilaian HOTS (High Order Thingking), Keterampilan abad ke 21, penguatan pendidikan karakter dan literasi dalam pebelajaran.
Apa itu HOTS? HOTS merupakan singkatan dari High Order Thingking yang artinya kemampuan berfikir tingkat tinggi. Dengan kata lain, peserta didik harus dilatih untuk berfikir dengan tingkat analisis yang lebih tinggi, aplikasinya dalam pembelajaran dan penilaian misalnya jika kita biasanya membuat pertanyaan dengan kata-kata 'Coba sebutkan' contohnya "Coba sebutkan teknik-teknik pembuatan keramik dengan menggunakan tanah liat!" maka kita bisa mengganti pertanyaannya dengan tingkatan berfikir yang lebih tinggi, misalkan "Menurut pendapatmu, teknik apa saja yang bisa digunakan untuk membuat keramik berbentuk cawan air dengan dekorasi timbul disetiap sisinya?". Selanjutnya adalah keterampilan abad 21, sering disebut dengan istilah 4C yaitu Critical Thingking, Creative, Communication dan Colaboration atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan istilah 4K yaitu berfikir Kritis, Kreativitas, Komunikasi dan Kolaborasi, dengan kata lain RPP yang kita buat harus menstimulus peserta didik untuk memiliki kompetensi berupa kemampuan 4C tersebut. Sedangkan untuk Penguatan Pendidikan Karakter contohnya yaitu ketaqwaan/religius, cinta tanah air, toleran, menghormati keberagaman, jujur, adil, empati dan masih banyak lagi. Terakhir yaitu Literasi dalam Pembelajaran, jadi kita sebagai pendidik harus selalu menyisipkan kegiatan literasi dalam setiap pembelajaran, literasi tidak harus selalu membaca buku atau tulisan, guru menayangkan video yang diamati oleh peserta didik kurang lebih 4 menit juga termasuk ke dalam literasi digital.
RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 Dapat diunduh Gratis pada link – link berikut ini Download RPP SENI BUDAYA SMA / SMK Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 DOWNLOAD DIBAWAH
RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 Dapat diunduh Gratis pada link – link berikut ini Download RPP SEJARAH PEMINATAN SMA / SMK Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 DOWNLOAD DIBAWAH
RPP Kerajaan maritim Hindu dan Buddha
RPP Peristiwa-peristiwa penting di Eropa yang berpengaruh pada Bangasa Indonesia
RPP Revolusi-revolusi besar dunia
RPP Faham-faham besar dengan gerakan nasionalisme di Asia-Afrika
RPP Pengaruh Perang Dunia I dan Perang Dunia II terhadap kehidupan politik global
RPP Respon Bangsa Indonesia terhadap imperialisme dan kolonialisme
RPP Akar-akar nasionalisme di Indonesia dan pengaruhnya pada masa kini
RPP Akar-akar demokasi di Indonesia dan perkembangannya pada masa kini
RPP Pendekatan dan strategi pergerakan nasional
RPP Kehidupan Bangsa Indonesia pada zaman Pendudukan Jepang
RPP Piagam PBB, Proklamasi 17 Agustus 1945, & perangkat kenegaraan
Dirilis dari buku Guru Sejarah kelas X di nyatakan bahwa mata pelajaran Sejarah Indonesia merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam pembentukan watak dan kepribadian bagi generasi emas.
Mata pelajaran Sejarah Indonesia merupakan mata pelajaran wajib di jenjang pendidikan menengah (SMA/MA dan SMK/MAK).
Sejarah memiliki makna dan posisi yang strategis, mengingat:
· Manusia hidup masa kini sebagai kelanjutan dari masa lampau sehingga pelajaran sejarah memberikan dasar pengetahuan untuk memahami
· kehidupan masa lalu, dan membangun kehidupan masa depan.
· Sejarah mengandung peristiwa kehidupan manusia di masa lampau untuk dijadikan guru kehidupan (Historia Magistra Vitae).
· Pelajaran Sejarah adalah untuk membangun memori kolektif sebagai bangsa untuk mengenal bangsanya dan membangun rasa persatuan dan kesatuan.
· Sejarah memiliki arti strategis dalam pembentukan watak dan peradaban bangsa yang bermartabat serta dalam pembentukan manusia Indonesiayang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air.
· Mata pelajaran Sejarah Indonesia dikembangkan atas dasar:
· Semua wilayah/daerah memiliki kontribusi terhadap perjalanan Sejarah Indonesia hampir pada seluruh periode sejarah;
· Pemahaman tentang masa lampau sebagai sumber inspirasi, motivasi, dan kekuatan untuk membangun semangat kebangsaan dan persatuan;
· Setiap periode Sejarah Indonesia memiliki peristiwa dan atau tokoh di tingkat nasional dan daerah serta keduanya memiliki kedudukan yang penting dalam perjalanan Sejarah Indonesia;
· Tugas dan tanggung jawab untuk memperkenalkan peristiwa sejarah yang penting dan terjadi di seluruh wilayah NKRI serta seluruh periode sejarah kepada generasi muda bangsa;
· Pengembangan cara berpikir sejarah (historical thinking), konsep waktu, ruang, perubahan, dan keberlanjutan menjadi keterampilan dasar dalam mempelajari Sejarah Indonesia.
Sejarah diartikan secara sederhana sebagai ilmu tentang asal usul dan perkembangan peristiwa yang telah terjadi. Menurut Taufik Abdullah sejarah dapat dilihat dalam beberapa sisi, yaitu sejarah dapat digunakan sebagai nasehat misalnya dengan mengutip kata-kata Sukarno "jangan sekalisekali melupakan sejarah" ini berarti sejarah adalah sebuah kearifan yang dapat membimbing kita dalam mengarungi hidup saat ini dan merintis hari depan. Sejarah dapat juga dimaknai sebagai "guru" seperti "....sejarah telah mengajarkan pada kita bahwa....". Dalam bidang filsafat, Hegel mengatakan bahwa "sejarah adalah proses ke arah cita kemanusiaan yang tertinggi".
A.KOMPETENSI INTI
· KI 3:Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
· KI 4:Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.KOMPETENSI DASAR
· 3.1Memahami dan menerapkan konsep berpikir kronologis (diakronik), sinkronik, ruang dan waktu dalam sejarah
· 3.2Memahami corak kehidupan masyarakat pada masa praaksara
· 3.3Menganalisis asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia (Proto, Deutero Melayu dan Melanesoid)
· 3.4Menganalisis berdasarkan tipologi hasil budaya praaksara Indonesia termasuk yang berada di lingkungan terdekat
· 4.1Menyajikan informasi mengenai keterkaitan antara konsep berpikir kronologis (diakronik ) , sinkronik, ruang, dan waktu dalam sejarah
· 4.2 Menyajikan hasil penalaran mengenai corak kehidupan masyarakat pada zaman praaksara dalam bentuk tulisan 4.3 Menyajikan kesimpulan-kesimpulan dari informasi mengenai asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia (Proto, Deutero Melayu dan Melanesoid) dalam bentuk tulisan
· 4.4 Menalar informasi mengenai hasil budaya Praaksara Indonesia termasuk yang berada di lingkungan terdekat dan menyajikannya dalam bentuk tertulis
C.INDIKATOR
· 3.1.1.Menjelaskan pengertian diakronis dan sinkronis
· 3.1.2.Menerapkan berpikir diakronis dan sinkronis dalam memahami dan merekonstruksi sejarah yang dipelajari
· 3.2.1.Menjelaskan pengertian Praaksara
· 3.2.2.Menjelaskan proses alam terjadinya Kepulauan Indonesia
· 3.2.3.Mengidentifikasi jenis flora dan fauna di Kepulauan Indonesia
· 3.2.4.Menganalisis jenis manusia Praaksara
· 3.2.5.Menganalisis corak kehidupan masyarakat Praaksara
· 3.3.1. Menjelaskan asal daerah nenek moyang bangsa Indonesia
· 3.3.2.Menganalisis keterkaitan antara rumpun bangsa Proto, Deutero Melayu dan Melanesoid dengan asal usul nenek moyang bangsa Indonesia
· 3.4.1.Menganalisis hasil-hasil kebudayaan batu zaman Praaksara
· 3.4.2.Menganalisi tradisi megalitik dan kaitannya dengan kepercaayaan masyarakat
· 3.4.3.Mengidentifikasi hasil budaya Praaksara yang sekarang masih ditemukan di lingkungannnya
D.TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini peserta didik diharapkan mampu.
· 1)Menjelaskan pengertian praaksara;
· 2)Membandingkan pengertian praaksara dengan pengertian prasejarah, sehingga menemukan alasan buku ini menggunakan istilah praaksara; dan
· 3)Menunjukkan contoh konsep berpikir diakronis dan sinkronis dalam menulis sejarah.
E.MATERI DAN PROSES PEMBELAJARAN
Materi yang disampaikan pada minggu pertama ini adalah Bab I, sub-bab A. "Sebelum Mengenal Tulisan" pelaksanaan pembelajaran secara umum dibagi tiga tahapan: kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan Kegiatan Penutup
F.METODE DAN PENDEKATAN
· Pendekatan: scientific
· Strategi: kerja kelompok
· Metode: bermain peran, diskusi